Sudah berbulan2 gw ngga menulis disini... Berbulan2 sejak wafatnya mamah, to be exact. Kehilangan gairah untuk mengenang semua yang lucu, ajaib dan mengharukan tentang beliau. Mungkin semuanya sudah mengalir pergi bersama air mata. Ingin sekali rasanya menangis, semakin kencang dan tersedu2 seiring semakin derasnya kenangan yang kepingin gw ingat2 lagi... Tapi tidak ada air mata yang keluar. Sudah ikhlas kah gw? Mungkin... Sudah move on? Harus.
Besok tanggal 22 Desember adalah Hari Ibu. Dan gw mencoba memakai momen ini untuk mengenang kembali beliau. Biasanya di setiap peringatan Hari Ibu, tidak ada hal istimewa yang kami rayakan. Kami beraktivitas layaknya hari2 biasa. Mamah tetap merapikan rumah seperti biasa. "Hari Ibu, harusnya Mamah libur hari ini!", ujarnya. Tapi pernahkah ada seorang Ibu yang benar2 libur dari tugasnya sebagai ibu?
Paling gw akan membeli seloyang pizza kesukaan Mamah. Mamah suka sekali makan. Semua makanan enak, beliau suka. Tensi di atas 200? Itu urusan besok. Kolesterol? Ayo habis makan, kita periksa ke dokter. Yang penting makan enak dulu, hehehe
Biasanya gw akan marah2 klo Mamah udah kebanyakan makan junk food. Dan setelah itu gw akan dimarahin suami.
"Biarin aja kenapa sih?! Doain aja, semoga gak kenapa2. Klo lagi kepingin, makanan enak bisa jadi obat"
"Enak aja! Ntar klo Mamah kenapa2, aku tauk yang ditanya macem2 sama saudara2! Kenapa makannya ngga dijaga??? Pasti pada nanya gitu!"
Kelak gw akan mengetahui bahwa suami gw mengatakan kebenaran, sayangnya gw terlambat...
---
Mamah juga paling suka jalan2. Apalagi klo jelang libur begini, saat anak2nya punya waktu luang. Beliau akan menelpon satu persatu anaknya. "Wan, Mamah pengin jalan2... Sumpek di rumah terus". Sebetulnya bukan jalan2nya yang beliau inginkan, tapi menghabiskan waktu bersama anak2nya. Dimanja anak2nya. Merasa dihargai dan dilayani layaknya seorang ibu. Karena asal dibilang "Iya, Mah... Nanti klo sempat kita jalan2 ya", begitu aja pun, si Mamah udah senang bukan main. Padahal mah belum tentu juga kejadian.
Alhamdulillah banget, Oktober 2013 gw sempat ngajak si Mamah jalan2 seharian, bareng sama kakak2 (almarhum). Ke Bandung, keliling2, wisata kuliner. Her style banget lah pokoke. Tinggal naro pantat di mobil lah, sisanya kita yang atur. Seneng, Mah? Sayang waktu itu lupa foto2 ya Mah... Klo ngga pasti kita punya kenang2an foto rame2 bareng almarhum ya, Mah... Maaf...
---
Hari Ibu, mau kasi apa ke nyokap? Udah tanya, nyokap maunya apa? Gw ulang ya, "Nyokap Mau Apa?" BUKAN apa yang kita mau buat nyokap. No! Kadang nyokap gak akan ngasi tau, apa maunya. Banyak pertimbangannya. Kebanyakan sih karena takut memberatkan kita. Kayak si Mamah yang paling takut nyolek2 anaknya karena takut menantunya tersinggung.
Kadang kita harus baca hati nyokap, pakai hati kita. Baca raut wajahnya, lihat kerut tangannya, hirup aroma tubuhnya... Normalkah? Baca pake hati. Tanyakan pada diri sendiri, nyokap akan paling bahagia bila apa?
Seize the moment. Hari Ibu. Kesempatan baik yang mana lagi yang mau kita gunakan untuk merendahkan diri kita serendah2nya di hadapan makhluk Tuhan yang sudah menjadikan kita sebaik yang bisa kita capai?
Ibu adalah Ibu. Mau ajaib kek, mau ngurus anak kek, mau gak becus ngurus anak kek. Ibu adalah Ibu. Gak ada kan aturan dalam agama yang memisahkan ibu becus dan ibu gak becus? Pokoknya Ibu, ya Ibu. End of Discussion.
No comments:
Post a Comment